Selasa, 28 September 2010

Apa Sih Pikologi Kesehatan Remaja Itu ???

Remaja secara historis masa perkembangan relatif lalai sehubungan dengan penelitian pada kedua mental dan fisik intervensi kesehatan dan hasil. Mungkin pengabaian seperti telah terjadi karena, dari perspektif kesehatan morbiditas, dan kematiantarif yang cukup rendah selama masa remaja dibandingkan dengan lainnya periode perkembangan (Holden & Nitz, 1995).

Namun, seperti kita berpendapat dalam artikel ini, remaja adalah periode penting perkembangan sehubungan dengan kesehatan dan penyakit. Pertama, itu adalah selama masa remaja bahwa perilaku kesehatan yang positif (misalnya, diet dan olahraga) adalah konsolidasi dan penting risiko perilaku kesehatan (misalnya, merokok, alkohol dan penggunaan narkoba, dan praktik seks tidak aman) yang pertama jelas; demikian, masa remaja adalah periode waktu yang logis untuk pencegahan primer intervensi. Kedua, dominan penyebab morbiditas dan kematian pada masa remaja sangat berbeda dari orang dewasa, yang menunjukkan bahwa identifikasi dan perawatan dini masalah kesehatan remaja harus diarahkan ke arah yang unik target dalam usia ini kelompok. Selain itu, karena masalah pembangunan tertentu yang menjadi ciri masa remaja, upaya intervensi yang dirancang untuk orang dewasa sering kali tidak sesuai atau tidak efektif pada populasi remaja. Akhirnya, bahkan ketika penyakit kronis adalah bawaan atau mulai di anak (misalnya, spina bifida, diabetes tipe 1), cara di mana transisi dari masa kanak-kanak sampai remaja untuk muda dewasa adalah dinegosiasikan memiliki implikasi penting untuk penyakit hasil seluruh sisa dari rentang kehidupan.

Mengingat tantangan perkembangan unik dari remaja, kita
berpendapat bahwa pendekatan yang efektif dan secara teoritis suara untuk remaja kesehatan psikologi penelitian dan pengobatan harus tegas didasarkan pada kerangka pembangunan. Kami menyajikan model biopsikososial dari pembangunan remaja sebagai salah satu kerangka tersebut yang dapat menginformasikan primer, sekunder, dan tersier penelitian dan intervensi pencegahan penargetan remaja. Artikel ini diselenggarakan di sekitar tiga tingkat pencegahan yang berhubungan dengan kesehatan seperti yang diterapkan untuk remaja. Dalam tingkat ini, kita termasuk diskusi tentang aspek remaja yang berfokus dari apa yang Smith dan Ruiz (1999) mencirikan sebagai dominan

penelitian bidang psikologi kesehatan: perilaku kesehatan dan pengurangan risiko, Psychosomatics, dan pengelolaan penyakit medis. Dalam bagian tentang pencegahan primer, kita membahas perilaku kesehatan yang memulai pada masa remaja, garis besar penelitian saat ini tentang etiologi perilaku ini, dan sorot upaya intervensi yang telah mencari untuk mencegah timbulnya perilaku kesehatan negatif. Dalam membahas sekunder pencegahan (yaitu, tindakan yang diambil terhadap identifikasi awal dan perawatan morbiditas), kami fokus pada hubungan antara psikopatologi dan kesehatan di kalangan remaja, memeriksa penelitian yang berkaitan dengan faktor risiko psikososial untuk kondisi medis yang terkait dengan stres pada remaja, dan sekarang sukses intervensi pencegahan sekunder.

Sehubungan dengan pencegahan tersier, kita garis besar penelitian saat ini di
penilaian dan perawatan masalah kesehatan yang telah berkembang melampaui tahap awal, dengan fokus khusus pada penyakit kronis. Meskipun relatif muda, bidang psikologi kesehatan remaja sangat luas, dan kajian mendalam literatur relevan di luar cakupan artikel ini. Sebaliknya, niat kami adalah untuk menguraikan apa yang kita yakini sebagai beberapa isu penting dalam klinis teoritis psikologi kesehatan berfokus pada remaja dan untuk menyoroti stateof- the-art, empiris berdasarkan penelitian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar